Manfaat Vitamin Bagi Tubuh


Jika kita tidak bisa ikut golongan yang memperbaiki, maka , janganlah ikut golongan yang merusak. Jika kalian tidak bisa berdiri di depan menyerukan kebaikan, maka berdirilah di belakang. Dukung orang orang yang mengajak pada kebaikan dengan segala keterbatasan. Itu lebih baik. Tidaklah berat bagi kita untuk membunuh keangkuhan hanya dengan sedikit merendahkan diri
Vitamin merupakan nutrisi yang sangat penting bagi tubuh kita, vitamin yang menjadi salah satu faktor utama bagi kesehatan tubuh. Bila ada yang tidak tercukupi atau kekurangan akan menyebabkan timbulnya suatu penyakit dalam tubuh kita.

Disamping manfaatnya untuk kesehatan tubuh, vitamin juga bermanfaat sebagai antioksidan bagi tubuh kita. Udara kotor yang sering kita jumpai setiap hari, baik di dalam ruangan ataupun di luar ruangan, bisa membuat tubuh kita menjadi rentan terhadap suatu penyakit. Dengan adanya vitamin yang tercukupi di dalam tubuh kita, akan menangkal semua kotoran yang kita hirup atau kita terima setiap harinya.
Vitamin merupakan senyawa organik dan memiliki peranan penting dalam mengatur metabolisme tubuh. Pada umumnya vitamin tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan termasuk zat yang cepat rusak bila dihadapkan pada zat asam.

Tersedia 13 jenis vitamin utama dan setiap vitamin memiliki fungsi-fungsi yang berbeda untuk tubuh, tapi pada umumnya vitamin memiliki fungsi spesifik termasuk dalam mengatur pertumbuhan dan pemeliharaan kesehatan. 

Dari ke 13 vitamin tersebut, vitamin dapat dikelompokkan menjadi 2 bagian yaitu vitamin yang larut dalam lemak terdiri dari vitamin A, D, E, dan K serta vitamin yang larut dalam air yaitu vitamin B dan C.

Berikut Fungsi Dan Sumber Dari Ke-13 Vitamin Tersebut :

1 Vitamin A 
Vitamin A memiliki fungsi yang cukup banyak untuk tubuh kita, antara lain : Membantu pertumbuhan dan perkembangan kesehatan kulit, meningkatan daya tahan tubuh, serta yang paling utama membantu kesehatan indera mata kita.
Kekurangan Vitamin A dapat menyebabkan berbagai macam penyakit mata, antara lain : Katarak, Rabun Senja, Rabun Dekat dan Rabun Jauh. Membuat kulit menjadi tidak sehat, dan daya tahan tubuh yang menurun.
Sumber Vitamin A banyak dijumpai pada hati, kuning telur, susu, mentega, minyak ikan, wortel, pisang, dan pepaya.

2 Vitamin B
Vitamin B memiliki manfaat umum untuk membantu metabolisme tubuh, seperti pelepasan energy ketika sedang beraktivitas dan pembentukan sel darah merah. Vitamin B dapat ditemukan pada susu, gandum, ikan dan sayur-sayuran berwarna hijau.
Vitamin B ini dapat dikelompokkan menjadi beberapa golongan, sebagai berikut :

3 Vitamin B1
Vitamin B1 berfungsi untuk membantu proses oksidasi pada tubuh untuk menghasilkan energy.
Kekurangan Vitamin B1 dapat membuat kulit menjadi kering dan bersisik, rentan terhadap penyakit beri-beri, dan gangguan fungsi saluran pencernaan, jantung dan sistem saraf.
Sumber Vitamin ini dapat ditemukan pada roti, daging, sayuran dan kacang-kacangan.

4 Vitamin B2
Vitamin B2 berfungi untuk metabolisme tubuh, meregenerasi energi bagi tubuh, membakar asam lemak, pembentukan sel darah merah, dan membantu pertumbuhan dari organ-organ tubuh seperti kulit, rambut dan kuku.
Kekurangan Vitamin B2 ini akan menyebabkan mulut kering, bibir pecah-pecah dan daya tahan tubuh menurun.
Sumber makanan yang banyak mengandung Vitamin B2 yaitu sayur-sayuran segar, kacang kedelai, kuning telur dan susu.

5 Vitamin B3
Vitamin B3 berguna dalam metabolism karbohidrat, lemak dan protein untuk menghasilkan energy serta memiliki peran besar dalam menjaga kadar gula darah, tekanan darah tinggi, dan penyembuhan migrain. Selain itu vitamin ini juga ikut membantu dalam menetralisir racun.
Kekurangan Vitamin ini dapat menyebabkan tubuh lemas, insomnia, otot muda kejang, mengganggu sistem pencernaan dan mual.
Sumber dari Vitamin B3 ini berasal dari hati, ginjal, ikan, daging unggas, dan daging hewani lainnya. Sedangkan untuk sumber non hewani dapat diperoleh melalui gandum dan kentang manis.

Vitamin B memiliki fungsi sebagai penghubung antara sistem saraf pusat dan otak, membantu memproduksi asam lemak dan hormon tubuh.
Kekurangan dari Vitamin ini dapat menyebabkan insomnia, gangguan emosi, dan kram.
Sumber Vitamin bisa diperoleh di susu, sayur hijau, daging, hati, ganjil dan kacang hijau.
6 Vitamin B6
Vitamin B6 berfungsi untuk proses pencernaan protein, metabolisme nutrisi, memproduksi antibodi sebagai sistem pertahanan tubuh.
Kekurangan Vitamin ini dapat menyebabkan kulit pecah-pecah, insomnia dan kram otot.
Sumber Vitamin B6 ini dapat diperoleh melalui konsumsi beras, jagung, kacang-kacangan, kubis, kentang, daging, ikan, dan telur.

Vitamin B7 memiliki fungsi untuk memperlancar sistem metabolisme tubuh, merawat kulit, menjaga fungsi dari saraf, merawat rambut.
Kekurangan Vitamin ini dapat menyebabkan anemia, terganggunnya fungsi jantung, penyakit Hyperesthesia, Deramatitis, dan Pharesthesia.
Sumber Vitamin B7 ini dapat diperoleh melalui kacang-kacangan, gandum, telur, susu, wortel, keju dan ikan salmon.

7 Vitamin B9
Vitamin B9 berfungsi untuk metabolisme dari sistem ketahanan tubuh, mengurangi rasa lelah dan lemas, pembentukan jaringan tubuh, sel darah merah, perbaikan DNA, mengoptimalkan fungsi otak dan membantu perkembangan bayi.
Kekurangan Vitamin B9 ini dapat menyebabkan sariawan, diare, dan gangguan fungsi otak.
Sumber Vitamin ini banyak terdapat pada selada, asparagus, semangka, bayam, kacang-kacangan, hati dan kuning telur.

8 Vitamin B12
Vitamin B12 berfungsi untuk metabolisme energi tubuh, menjaga kesehatan sel saraf, pembentukan molekul DNA dan RNA.
Kekurangan Vitamin B12 dapat menyebabkan anemia, iritasi dan mudah lelah.
Sumber dari Vitamin ini tersedia pada susu, daging, telur, ragi, hati dan makanan-makanan hasil fermentasi.
9 Vitamin C
Kekurangan dari Vitamin C ini dapat menimbulkan nyeri pada persendian, gusi berdarah, kurangnya antibodi tubuh. Tetapi terlalu banyak mengkonsumsi vitamin C juga dapat menyebabkan gangguan saluran pencernaan dan berdampak buruk bagi ginjal.

Sumber dari Vitamin ini yaitu buah-buahan jeruk, tomat, semangka dan sayur-sayuran lainnya.

10 Vitamin D
Vitamin D memiliki fungsi penting pada tulang dan gigi, meningkatkan kalsium dan fosfor bagi tulang dan gigi.
Kekurangan Vitamin D ini dapat menyebabkan pertumbuhan tubuh dan kaki yang tidak normal, rapuhnya tulang, gigi yang mudah rusak, dan hilangnya kalsium dan fosfor pada tulang.
Sumber dari vitamin D dapat ditemukan pada ikan, telur, susu dan keju. Sel kulit pada tubuh kita juga dapat memproduksi vitamin ini jika terkena cahaya matahari.

Vitamin E berperan sebagai proses reproduksi, dan menjaga kesehatan dari jaringan tubuh seperti sel darah merah, mata, hati dan jaringan kulit serta membantu menghambat dan mencegah penuaan dini.
Kekurangan dari vitamin E dapat menyebabkan gangguan kesehatan fatal bagi tubuh, kemandulan, dan keguguran.
Sumber dari Vitamin ini tersedia pada ikan, ayam, kuning telur, ragi, dan minyak tumbuh-tumbuhan.

12 Vitamin K
Vitami K berfungsi untuk membantu dalam pembekuan darah dan penutupan luka.
Kekurangan dari Vitamin ini berakibat pada kesulitan dalam pembekuan darah.
Sumber Vitamin K ini dapat diperoleh melalui brokoli, kol, buncis, kacang polong, dan sayur-sayuran hijau lainnya.

Konsumsi Vitamin dengan teratur dan secukupnya setiap harinya, jangan berlebihan juga karena akan merusak metabolisme tubuh kita. Sehat itu penting dan sehat itu akan membuat kita bahagia selamanya.

Artikel terkait
⏹️Kehebatan biji ketumbar
⏹️Cincin Jantung
⏹️Manfaat Vitamin bagi tubuh
⏹️Pengobatan Refleksi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Informasi Terapi Gelombang Otak Ini Perlu Anda Ketahui

Terapi gelombang otak adalah teknik pengobatan yang memanfaatkan gelombang suara untuk merangsang dan memperbaiki pola aktivitas listrik di ...